Sutrianah , Tanti and Syukri , Hamzah and Suhartono, Suhartono (2013) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, FKIP Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-tan-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-tan-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Dan Daerah Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Pembimbing pertama Prof. Dr. Syukri Hamzah, M.Si. dan pembimbing kedua Dr. Suhartono. M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan dan mendeskripsikan besaran sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Populasi penelitian terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 120 orang siswa SMA N 4 Bengkulu Selatan, sampel memilih acak. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif . Dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berbentuk angket dan dukomentasi untuk variabel motivasi yaitu X dan variabel prestasi menggunakan Y. Uji coba instrument menggunakan validitas butir-butir dengan korelasi Product Moment . Sedangkan penghitungan realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyartan analisis data yang dilakukan adalah uji linearitas dengan uji normalitas. Hasil penelitian menghasil hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Hal ini terlihat dari perhitungan nilai signifikan, Besarnya sumbangan motivasi belajar terhadap pretasi belajar sebesar 82,7% atau dengan kata lain Prestasi Belajar dapat diterangkan oleh besarnya Motivasi belajar adalah sebesar 82,7% dan sisanya 17,3 % disebabkan oleh hal-hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 11:43 |
Last Modified: | 16 Oct 2013 11:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/928 |
Actions (login required)
View Item |