Aimana, Ummu and Sahono, Bambang and Riyanto, Riyanto (2014) PENERAPAN MODEL TUTORIAL BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ( STUDI PADA SISWA SMPN 1 KAUR TENGAH ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-umm.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-umm.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (451kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru sebagai salah satu sumber daya manusia tentunya memegang peranan penting akan keberhasilan dan keefektifan sebuah pendidikan. Keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran, tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuannya (kompetensi guru) dalam menguasai materi yang akan disampaikan. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang harus dikuasainya sehingga ia mampu menyampaikan materi secara profesional dan efektif. Dalam proses pembelajaran, guru perlu melakukan inovasi dan pendekatan, baik itu dalam penggunaan media ataupun metode penyampaian sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan. Alternatif untuk memecahkan masalah tersebut di atas adalah dengan menggunakan model tutorial berbantuan komputer yang dapat menarik minat siswa untuk belajar dan diharapkan siswa menjadi termotivasi sehingga aktivitas dan hasil belajar meningkat dan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model TutorialBerbantuan Komputer dan mendeskripsikan penerapan Model TutorialBerbantuan Komputer lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) dan metode kuasi eksperimen. Pembelajaran dengan model tutorial berbantuan komputer dilakukan di kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa SMPN 1 Kaur Tengah tahun akademik 2013- 2014.Penelitian tindakan ini dilakukan berdasarkan model Kemmis dan Taggart (dalam Emzir, 2008:239) yang terdiri empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan model diatas,maka penelitian ini dilaksanakan yang diawali dengan orientasi, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang disebut dengan siklus I, selanjutnya siklus II ditentukan oleh hasil refleksi siklus I dengan memperbaiki perencanaan awal dan pemecahan masalah berdasarkan masalah yang ada pada siklus I, demikian seterusnya sampai terjadinya peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang tercermin pada penilalian hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan pada kelas VIII (delapan) A SMPN 1 Kaur Tengah yang dimaksudkan untuk menemukan pola pembelajaran tutorial berbantuan komputer pada mata pelajaran Bahasa inggris dan selanjutnya dilakukan penelitian kuasi eksperimen yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tutorial berbantuan komputer yang telah dilakukan uji coba dan ditemukan desain pembelajaran model tutorial berbantuan komputer yang paling tepat dan diterapkan di kelas VIII (delapan) B SMPN 1 Kaur Tengah. Berikutnya dikelas VIII (delapan) C, dengan model pembelajaran konvensional yaitu dengan diberikan soal ulangan pretest dan posttest dari materi dan kompetensi yang sama. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah media pembelajaran yang digunakan, model pembelajaran yang digunakan. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer setiap siklus yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.Penggunaan model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kelas PTK pada setiap siklus. Hal ini berarti, bahwa penerapan Model Tutorial Berbantuan Komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dikelas PTK.Pada tahap kuasi eksperimen dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa penerapan model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini bisa dilihat dari hasil analisis yang dilakukan menggunakan statistik uji t untuk mengetahui efektifitas penerapan Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis diiketahui bahwa semakin baik kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Tutorial Berbantuan Komputer maka peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran juga semakin baik. Artinya bahwa semakin baik kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran maka semakin baik pula hasiil belajar siswa dan peningkatannya terjadi secara signifikan. Berkenaan dengan hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan, (1) melakukan penyempurnaan penelitian ini dengan berpedoman pada kekurangan-kekurangan yang ada (2) mengembangkan pembelajaran tutorial berbantuan komputer yang bersifat generik (3) pada pembelajaran dengan media interaktif, presentasi konten/informasi yang bertipe prosedur sebaiknya divisualisasikan secara animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 05 Nov 2014 02:18 |
Last Modified: | 09 Nov 2014 14:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
View Item |