PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP SELATAN

Rahayu, Sri and Bambang , Sahono and Turjdai, Turjdai (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS dan untuk mengetahui apakah kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS, serta mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan 3 siklus PTK. Setiap siklus pada penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 74,75 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%, siklus II adalah 78 dengan ketuntasan klasikal 85%, siklus III adalah 87 dengan ketuntasan 100%. Hal tersebut juga dipertegas melalui uji t terhadap hasil post-test pada tiap-tiap siklus. Dari hasil pengujian diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari taraf significan 0,05, yang berarti ada perbedaan hasil belajar. Dari analisis data yang diperoleh tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I skor 32,3 berkatagori baik, pada siklus II skor 34,75 berkatagori sangat baik, dan pada siklus III skor 36,1 berkatgori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Dengan demikian penerapan pembelajaran kontekstual baik untuk diterapkan pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 05:10
Last Modified: 09 Nov 2014 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item