PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA (KELAS III SDN 09 CURUP SELATAN)

Rita, Mirna Dyah and Bambang, Sahono and Turdjai, Turdjai (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA (KELAS III SDN 09 CURUP SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mir.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mir.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendesripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 09 Curup Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan media grafis pada mata pelajara IPA kelas III pada SD Negeri 09 Curup Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014, (3) untuk mendeskripsikan kreativitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan media grafis dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA kelas III di SD Negeri 09 Curup Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 09 Curup Selatan,metode penelitian adalah metode penelitian campuran, yaitu Penelitan Tindakan Kelas (Classroom Acton Research) berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: adanya peningkatan kreativitas belajar siswa, yaitu siswa yang aktivitas belajarnya katagori baik meningkat dari siklus I sampai III sebesar: siklus I 14% dengan nilai rata-rata hasil kreativitas 72,93%, siklus II 75% dengan nilai rata-rata kreativitas 76,38%, dan siklus III 100% dengan nilai rata-rata kreativitas 81,21%.Penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan media grafis pada mata pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 09 Curup Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014,hal ini tercemin dari peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III,serta adanya perbedaan yang siknifikan hasil uji-t.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 06 Nov 2014 08:12
Last Modified: 09 Nov 2014 13:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item View Item