PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DENGAN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN (PENELITIANTINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS VII SMP N 01 SINDANG BELITI ULU)

Maylitah, Anah and Bambang , Sahono and Turdja‟i, Turdja‟i (2014) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DENGAN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN (PENELITIANTINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS VII SMP N 01 SINDANG BELITI ULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ana.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ana.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mendeskripsikan minat siswa dalam proses pembelajaran PKN dengan penerapan metode sosiodrama (bermain peran) berbantuan video pembelajaran. (2).Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar PKn kelas VII SMP N 01 Sindang Beliti Ulu. (3).Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan metode sosiodrama berbatuan video pembelajaran dapat meningkatkan minat dan hasil belajar PKN siswa kelas 7 SMPN 01 Sindang Beliti Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 01 Sindang Beliti Ulu sebanyak 30 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2014, terdiri dari tiga siklus. Rancangan penelitian melibatkan guru dan siswa, peneliti yang dalam keseluruhan kegiatan meliputi (1) refleksi awal, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) Refleksi dan rekomendasi, (6) evaluasi dan revisi (7) penyimpulan hasil. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan test, Teknik analisis data, data tes. Hasil pengamatan terhadap penelitian ini menyatakan bahwa : (1) terdapat peningkatan minat belajar siswa dari siklus I dengan rata-rata 33,41, siklus II rata-rata 42,64 dan pada siklus III rata-rata minat belajar siswa 52,41.(2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari siklus I rata-rata nilai 52,66, siklus II rata-rata nila 7,5 dan siklus III rata-rata hasil belajar PKn siswa 8,4. (3) efektifitas penerapan metode sosiodrama berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMPN 01 Sindang Beliti Ulu .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 10 Nov 2014 01:52
Last Modified: 10 Nov 2014 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9445

Actions (login required)

View Item View Item