ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP ( STUDI PADA HOTEL SANTIKA BENGKULU

Gustianti , Yanti and Darmansyah, Darmansyah and Muhartini , Salim (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP ( STUDI PADA HOTEL SANTIKA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-yan-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-yan-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Industri perhotelan yang semakin berkembang menyebabkan semakin meningkatnya persaingan antar hotel-hotel yang ada di Kota Bengkulu. Keadaan seperti ini menuntut setiap hotel yang ada harus bisa menyediakan fasilitas yang lengkap dengan kualitas pelayanan karyawan hotel yang baik serta lokasi hotel yang strategis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap keputusan menginap pada Hotel Santika Bengkulu. Keputusan konsumen untuk menggunakan jasa suatu hotel dapat di ambil dengan cermat apabila didukung oleh informasi yang berkaitan dengan kualitas pelayanan yang baik yang diharapkan bisa memenuhi keinginan pelanggan sesuai dengan apa yang dicari pelanggan serta fasilitas yang lengkap dan memadai sehingga dapat memudahkan konsumen dalam menggunakan jasanya serta bagaimana situasi dan kondisi hotel tersebut karena “lokasi yang strategis berkaitan terhadap keputusan pembelian pelanggan untuk membeli atau menggunakan jasa hotel tersebut” (Bauer, 1993). Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan menggunakan metode survey dan kuesioner sebagai alat untuk memperoleh data pokok yang dibutuhkan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memakai jasa penginapan Hotel Santika Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, sampel yang diambil sebanyak 116 orang. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran dan skala interval. Uji instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji validitas semua item pertanyaan dari ke empat variabel (kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan keputusan menginap) semuanya valid. Hasil analisis regresi linier berganda baik secara simultan dan parsial menyatakan semua variabel independen (kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi) memiliki pengaruh positip terhadap variabel dependen (keputusan menginap). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disarankan hendaknya Hotel Santika Bengkulu lebih meningkatkan kualitas pelayanan khususnya untuk meningkatkan dimensi kehandalan yang menjadi dimensi dengan skor rata-rata terendah yaitu karyawan memberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan keinginan pelanggan, menyedikan sarana jasa pijat yang memang berada di Hotel Santika Bengkulu, serta transfortasi antar jemput bandara yang baik sehingga pelanggan tidak kuwatir terhadap jarak hotel dengan bandara yang cukup jauh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 11 Nov 2014 02:05
Last Modified: 11 Nov 2014 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item View Item