Herianti, Sylvi and Azwandi, Azwandi and Suhartono, Suhartono (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ARTIKEL SISWA DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN DI KELAS IX SMPN 2 SELUMA TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-syl-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-syl-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca artikel siswa dengan teknik peta pikiran di kelas IX SMPN 2 Seluma tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Seluma siswa kelas IX yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), sedangkan Siklus II terdiri dari satu pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 66,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 36,11% dan nilai rata-rata siswa pada siklus II 75,61 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%. Kualitas proses pembelajaran membaca artikel mengalami peningkatan dapat dilihat dari minat dan motivasi siswa yang terus meningkat dari siklus I dan II. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan teknik Peta Pikiran dapat meningkatkan kemampuan membaca artikel siswa kelas IX SMPN 2 Seluma berhasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 12 Nov 2014 02:21 |
Last Modified: | 12 Nov 2014 02:21 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9561 |
Actions (login required)
View Item |