Fitri, Desiana and Aliman, Aliman and Osa, Juarsa (2014) MANAJEMEN LABORATORIUM IPA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMPN 1 KAUR SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-des-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-des-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Masalahan umum penelitian ini adalah bagaimana manajemen laboratorium IPA di SMPN 1 Kaur Selatan. Permasalahan khusus penelitian ini adalah : bagaimanakah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dan apasajakah faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen laboratorium IPA SMPN 1 Kaur Selatan?; Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang manajemen laboratorium IPA di SMPN 1 Kaur Selatan yang berkaitan dengan kegiatan akademis khususnya mata pelajaran IPA. Selanjutnya tujuan khusus: untuk mendeskripsikan Perencanaan, engorganisasian, monitoring dan evaluasi, Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen laboratorium IPA di SMPN 1 Kaur Selatan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kepala laboratorium, laboran, guru IPA dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif model Miles and Huberman, yang meliputi langkah- langkah, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) data reduction, (3) data display, dan (4) drawing conclusion / verification. Hasil penelitian ini sebagai berikut : Pertama perencanaa (Planning) didalam manajemen laboratorium IPA berbentuk program kerja laboratorium yang disusun oleh kepala laboratorium dan diketahui oleh kepala sekolah. Proses perencanaan program kerja laboratorium IPA dibuat berdasarkan hasil musyawarah kepala laboratorium, laboran , waka kurikulum, guru, kepala sekolah. Proses perencanaan program kerja disusun pada awal tahun pelajaran. Penyusunan perencanaan program kerja menggunakan pedoman yaitu buku pedoman pengelolaan laboratorium IPA SMP yang dikeluarkan departemen pendidikan nasional yang didapat dari Diknas Kabupaten Kaur. Program kerja disosialisasikan kepada warga sekolah pada saat rapat koordinasi. Selain perencanaan prorgam kerja SMPN 1 Kaur Selatan juga merencanakan pengadministrasian laboratorium, pengadaan alat dan bahan serta dana yang diperlukan untuk kegiatan laboratorium IPA, usaha pencegahan terjadinya kecelakaan dengan menyediakan kotak PPPK dan tabung kebakaran serta merancang SOP berupa tata tertib guru dan siswa. Kedua pengorganisasian manajemen laboratorium IPA SMPN 1 Kaur Selatan disusun berdasarkan garis organisasi dalam pengelolaan laboratorium, sudah terdapat rincian pembagian tugas dan wewenang. Pendelegasi dan wewenang dari jalur komando langsung pada setiap bagian dibawahnya berdasarkan hirarkinya. Pengorganisasian oleh kepala sekolah yang melibatkan wakil-wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, laboran dan guru. Pemilihan dan penempatan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing personil sehingga pengelolaan laboratorium dapat berjalan walaupun masih terdapat kekurangan yang disebabkan latar belakang laboran bukan berasal dari disiplin ilmu serta belum adanya tenaga teknisi untuk perbaikan dan pemeliharaan alat laboratorium IPA, untuk meminimalisir hal tersebut pihak sekolah telah merencanakan untuk mengikut sertakan pengelola laboratorium mengikuti pelatihan tentang pengelolaan laboratoriun serta membuka lowongan kerja bagi yang berminat menjadi tenaga teknisi laboratorium. Ketiga pelaksanaan kegiatan di laboratorium IPA SMPN 1 Kaur Selatan mengacu pada program kerja yang ada. Guru setiap awal semester/ tahun pelajaran menyusun program semester/ tahunan yang sesuai kegiatan laboratorium yang ditanda tangani kepala sekolah. Sebelum pelaksanaan pratikum, guru mengisi format permintaan/peminjaman alat dan bahan, diserahkan ke kepala laboratorium atau laboran, minimal 1 minggu sebelum pratikum. Pedoman yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan laboratorium IPA yaitu Program kerja laboratorium SMPN 1 Kaur Selatan tahun 2013/2014, arahan pembina laboratorium, buku petunjuk pengelolaan laboratorium SMP yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional. Selama pelaksanaan kegiatan, guru mengawasi, dan memberi bantuan apabila ada siswa yang mempunyai permasalahan tentang kegiatan yang dilakukan, serta melakukan penilaian. Penanaman ikut merasa memiliki laboratorium ditanamkan pada proses pelaksanaan kegiatan pratikum. Di dalam kegiatan pratikum guru melakukan proses penilaian, penilaian kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Keempat monitoring manajemen laboratorium IPA SMPN 1 Kaur Selatan dilakukan oleh kepala sekolah selain pada supervisi proses belajar mengajar pada umumnya, kepala sekolah juga memonitoring proses pengelolaan laboratorium secara khusus yaitu dengan memonitoring laporan bulanan dan tahunan serta adanya evaluasi kegiatan laboratorium IPA dilakukan pada akhir tahun ajaran oleh pembina laboratorium, kepala laboratorium, laboran dan guru IPA mereka duduk bersama mendengarkan hasil laporan kepala laboratorium dan mencari jalan atau solusi untuk masalah yang dihadapkan, serta merancang program kerja tahun ajaran berikutnya. Kelima faktor penunjang dalam pelaksanaan manajemen laboratorium IPAadalah ketersediaan laboratorium beserta alat pratikum, adanya antusias dan motivasi siswa dalam melakukan pratikum serta adanya partisipasi pihak lain dalam hal ini wali murid yang bersedia mengadakan alat dan bahan yang belum tersedia di laboratorium IPA, dan adanya sumber dana yang dianggarkan dari dana BOS setiap tahunya serta adanya bantuan alat dan bahan praktikum dari Pemerintah, adanya tanggung jawab guru mata pelajaran IPA terhadap kegiatan pratikum. Sarana laboratorium yang sesuai dengan standar laboratorium SMP. Faktor penghambat pelaksanaan manajemen laboratorium IPA adalah belum tersedianya tenaga khusus teknisi laboratorium serta tenaga laboran yang mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai. Adapun usaha yang dilakukan dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut adalah mengusulkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kaur untuk menambah petugas teknisi, menambah petugas laboran yang memiliki kualifikasi yang sesuai, mengutus pengelola laboratorium agar diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Kesimpulan penelitian ini bahwa manajemen laboratorium IPA SMPN 1 Kaur Selatan telah sesuai dengan fungsi manajemen yaitu adanya perencanaan dalam bentuk program kerja, adanya pengorganisasian yang terstruktur, pelaksanaan yang mengacu pada program kerja serta adanya monitoring dan evaluasi yang dilakukan untuk perbaikan mutu laboratorium. Saran-satan antara lain : pertama kepala laboratorium IPA untuk dapat membuat program pengembangan laboratorium secara baik dan lengkap yang serta membuat analisis swot pada setiap perencanaan dan menyampaikannya kepada sekolah lain agar dapat dijadikan bahan pertimbangan sekolah lain untuk membuat program kerja. Kedua bagi pemerintah kabupaten Kaur melalui dinas pendidikan dan kebudayaan agar dapat menempatkan staf ahli khusus laboran dan teknisi atau melatih tenaga untuk menjadi tenaga laboran dan teknisi agar pelaksanaan pengelolaan laboratorium dapat berjalan semaksimal mungkin. Ketiga kepada guru IPA agar selalu memberdayakan laboratorium IPA sebagai media pembelajaran, berkreatifitas, mencari inovasi baru dalam proses pengajaran di laboratorium IPA. Keempat kepada kepala sekolah perlu lebih mengintensifkan pembinaan dan supervisi terhadap pengelolaan laboratorium IPA dalam upaya menjamin mutu pendidikan dan sekolah. Kelima kepada pihak sekolah dan pemerintah agar dapat menambah sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 12 Nov 2014 04:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2014 04:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9586 |
Actions (login required)
View Item |