MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SD NEGERI 01 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG)

Erdiyansyah, Erdiyansyah and Rambat, Nur Sasongko and Bambang, Sahono (2014) MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SD NEGERI 01 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-erd-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-erd-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

permasalahan umum penelitian ini adalah “Bagaimana manajemen peningkatan kompetensi guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang?” Masalah tersebut dirumuskan secara khusus ke dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana manajemen peningkatan kompetensi kepribadian guru berbasis sekolah di SD Negeri 1 Selupu Rejang, 2) bagaimana manajemen peningkatan kompetensi kepribadian guru berbasis sekolah di SD Negeri 1 Selupu Rejang, 3) bagaimana manajemen peningkatan kompetensi kepribadian guru berbasis sekolah di SD Negeri 1 Selupu Rejang, 4) bagaimana manajemen peningkatan kompetensi kepribadian guru berbasis sekolah di SD Negeri 1 Selupu Rejang. Tujuan secara umum untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan gambaran empiris tentang manajemen peningkatan kompetensi guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peningkatan kompetensi guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang tentang: 1) kompetensi kepribadian, 2) kompetensi pedagogik, 3) kompetensi profesional, 4) kompetensi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di SDN 01 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data analisis dengan teknik induktif, langkah analisis data dengan cara mereduksi data pemaparan, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Manajemen peningkatan kompetensi kepribadian guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang dapat dilihat dari: 1) guru sudah memiliki kepribadian yang aktif dan stabil dilihat dari guru telah melaksanakan tuganya sesuai dengan apa yang harus dilaksanakan oleh guru, 2) guru sudah memberikan teladan kepada siswanya serta dengan sesama guru di sekolah, 3) guru di dalam pembelajaran memberikan contoh sopan santun, berwibawa serta malakukan tugas sesuai dengan kompetensi kepribadian yang harus dimiliki seorang guru. Kedua, dalam manajemen peningkatan kompetensi pedagogik guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang sudah dengan baik itu dilihat dari: 1) Guru sudah menguasai karakteristik peserta didik ini adalah salah satu kompetensi yanga harus dikuasai oleh guru, 2) guru telah telah mengetahui karakteristik peserta didik , 3) Dalam pembelajaran guru sudah melaksanakan tugasnya dengan acuan kompetensi pedagogik seorang guru. Ketiga, dalam manajemen peningkatan kompetensi profesional guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang belum sepenuhnya berjalan dengan baik itu dilihat dari: 1) guru belu semuanya menguasai teknologi pembelajaran ini sangat penting dilakukan karena pendidikan semakin maju ini untuk mengembangakan kualitas pendidikan, 2) guru sudah menguasai teori belajar dan menerapkannya kepada siswa, dan 3) guru belum sepenuhnya melakukan penelitian tindakan kelas ini dituntut guru harus melaksanakannya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dan melaksanakan perbaikan apa yang belum diperoleh oleh siswa. Keempat, dalam manajemen peningkatan kompetensi sosial guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang sudah dengan baik itu dilihat dari: kompetensi sudah diterapkan pada waktu proses belajar mengajar ini terlihat dari guru telah melakukan interaksi dan tanya jawab dengan peserta didik serta guru saling berkomunikasi sesama guru untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada pada waktu pembelajaran. Simpulan penelitian mengatakan bahwa manajemen peningkatan kompetensi guru berbasis sekolah di SD Negeri 01 Selupu Rejang telah dilakukan sesuai dengan kemampuan sekolah. Hal ini terlihat dari dalam proses pembelajaran setiap guru sudah menerapkan pembelajaran sesuai dengan kompetensi apa saja yang harus dikuasai dan diterapkan kepada peserta didik. Saran penelitian agar peningkatan kompetensi guru dapat berjalan dengan baik dan berkualitas maka perlu ditingkatkan perencanaan apa yang harus dilakukan sebelum pembelajaran dan mengikuti pelatihan-pelatihan sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Selain itu guru harus mengetahui karakteristik peserta didik serta guru hendaknya menguasai teknologi pembelajaran supaya dapat dilaksanakan pada waktu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 12 Nov 2014 07:54
Last Modified: 12 Nov 2014 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item View Item