Mishazariah, Mishazariah and Hartanto, Hartanto and Rosane, Medriati (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMAN 7 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mis-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-mis-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu?; dan 2) bagaimanakah pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu; dan 2) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji ANOVA (2x2 Mixed Factorial Design) untuk desain eksperimen group pre-post design. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman siswa, dengan nilai F = 7,265 (Sig < 0,05) Jadi H0 ditolak, dengan interaksi menunjukkan bahwa perubahan nilai pretes menuju postes pada kedua kelas (eksperimen-kontrol) adalah berbeda secara signifikan, yang terdapat pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu.2) terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi siswa dengan nilai F = 7,581 (Sig < 0,05) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-posttes) dan group (eksperimen-kontrol). Jadi H0 ditolak, dengan interaksi menunjukkan bahwa perubahan nilai pretes menuju postes pada kedua kelas (eksperimen- kontrol) adalah berbeda secara signifikan yang berarti terdapat pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu. Kepada guru untuk melakukan penerapan pembelajaran inkuiri karena terbukti meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 13 Nov 2014 04:31 |
Last Modified: | 13 Nov 2014 04:31 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9646 |
Actions (login required)
View Item |