PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 DAN MA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Malinda , Guspita and Hartanto, Hartanto and Ilham , Abdullah (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 DAN MA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-gus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-gus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPS SMAN 4 dan MAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual , sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa SMA/MA Negeri Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling . Data dianalisis dengan Anava Mixed Design . Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis, yaitu sebesar 68,5% dan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 65,3% serta terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, yaitu sebesar 7,90 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 09:08
Last Modified: 13 Nov 2014 09:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item