ANALISIS KINERJA PELAYANAN BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU

AS, Sutrisno and Syaiful , Anwar and Sularsih , Anggarawati (2014) ANALISIS KINERJA PELAYANAN BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sut.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sut.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah. Kinerja pelayanan publik menjadi salah satu dimensi yang strategis dalam menilai keberhasilan pelaksanaan reformasi tata pemerintahan. Masyarakat tentu menuntut penyelenggaraan manajemen pelayanan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Masalah penelitian adalah bagaimana kinerja pelayanan Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Dalam penelitian ini sebanyak 14 pegawai Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu pada Bidang Pelayanan sebagai responden yang diambil menggunakan metode sensus. Selanjutnya, semua responden pegawai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk peminjaman ruang rapat dan kendaraan dinas sebanyak 20 responden, dan juga sampel masyarakat sebanyak 36 responden yang melakukan peminjaman pada bulan Januari sampai dengan Maret. Penelitian dianalisis dengan analisis kuantitatif sederhana dengan mendeskripsikan distribusi frekuensi, dan rata-rata (mean), serta analisis kualitatif berdasarkan hasil wawancara dengan responden. Berdasarkan tanggapan responden baik itu dari tanggapan pegawai sebagai petugas pelayanan, atasan, pegawai SKPD dan masyarakat menyatakan bahwa kinerja pelayanan Biro Umum Sekretariat Provinsi Bengkulu secara umum sudah baik. Dari hasil wawancara dengan pegawai sebagai petugas pelayanan, atasan, pegawai SKPD dan masyarakat juga menyatakan bahwa kinerja pelayanan Biro Umum Sekretariat Provinsi Bengkulu secara umum sudah baik. Ini ditunjukkan dari adanya kemudahan tahapan pelayanan yang diselenggarakan petugas yang mudah dipahami dan dilaksanakan. Kemudian, petugas menjelaskan persyaratan teknis dan administrasi, adanya petugas, kejelasan kewenangan, petugas juga memiliki keahlian dan keterampilan dalam memberikan pelayanan. Petugas pelayanan melayani pegawai SKPD dan masyarakat dengan tidak membedakan golongan/status, ramah dan sopan serta saling menghormati dan menghargai. Sudah ada kepastian biaya pelayanan berdasarkan Perda No. 2 Tahun 2010, dan kepastian jadwal pelayanan selama jam kerja dan hari kerja efektif. Pada Biro Umum Sekretariat Provinsi Bengkulu kondisi sarananya sudah baik dan terjamin keamanan peminjaman kendaraan dinas, ruang rapat dan gedung (STQ, Balai Buntar, dan Gedung Serba Guna) karena bersifat legal dan resmi. Tetapi masih ada bebarapa kinerja petugas yang masih dalam kategori cukup baik yaitu prosedur dan tahapan pelayanan masih agak berbelit-belit dan cukup panjang. Selain itu, pegawai SKPD yang menunggu cukup lama agar mendapat persetujuan kendaraan dinas, masih ada perbedaan biaya untuk peminjaman siang dan malam, serta biaya pelayanan masyarakat umum lebih mahal daripada untuk institusi pendidikan. Saran yang diajukan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penelitian ini adalah Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu perlu menyederhanakan mekanisme pelayanan prosedur peminjaman kendaraan dinas, ruang rapat dan gedung agar tidak berbelit-belit lagi. Di setiap meja petugas pelayanan juga diletakan papan nama petugas dan jenis pelayanannya sehingga memudahkan pegawai SKPD dan masyarakat mengenali petugas dan mengetahui jenis pelayanan. Petugas melakukan pengecekan ke bagian perlengkapan tentang data kendaraan dinas yang sedang digunakan untuk dinas luar dan yang tersedia. Membuat rincian biaya yang jelas untuk biaya peminjaman pada malam hari yang lebih mahal yang meliputi sewa gedung, biaya penambahan penerangan dan biaya kebersihan dan ditempel di dinding kantor agar mudah dilihat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 14 Nov 2014 07:24
Last Modified: 14 Nov 2014 07:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item