STUDI DESKRIPTIF KINERJA, KOMPETENSI DAN KEPUASAN KERJA GURU NON PNS YANG BERSERTIKAT PADA SMA SWASTA DI KOTA BENGKULU

Sasmita , Feny and Fahrudin , JS Pareke and Nasution , Nasution (2014) STUDI DESKRIPTIF KINERJA, KOMPETENSI DAN KEPUASAN KERJA GURU NON PNS YANG BERSERTIKAT PADA SMA SWASTA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fen.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fen.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya guru yang bersetifikasi dan menerima tunjungan profesi tidak hanya guru PNS saja, tetapi guru non PNS. Guru-guru yang telah bersertifikat dan menerima tunjangan profesi sangat dituntut memiliki kinerja dan kompetensi yang baik. Selanjutnya, dalam hubungannya dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran, maka kinerja guru sangat ditentukan oleh kemampuan dan keterampilan membelajarkan peserta didik. Selanjutnya, untuk mendukung kinerja guru bersertifikat, juga perlu diperhatikan kepuasan kerja guru. Dari hal tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu bagaimana kinerja, kompetensi dan kepuasan kerja guru Non PNS yang bersertifikat pada SMA Swasta di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja, kompetensi dan kepuasan kerja guru Non PNS yang bersertifikat pada SMA Swasta di Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini sebanyak 28 orang guru Non PNS yang menjadi responden yang diambil menggunakan metode sensus. Penelitian dianalisis dengan mendeskripsikan distribusi frekuensi, dan rata-rata (mean), serta berdasarkan hasil wawancara dengan responden. Berdasarkan tanggapan responden dan hasil wawancara, yaitu tanggapan guru menyatakan bahwa kompetensi dan kinerja guru bersertifikat secara umum sudah tinggi dan mendapatkan kepuasan kerja. Artinya guru yang tersertifikasi sudah mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengelola interaksi kelas, dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Tetapi untuk mengelola fasilitas belajar karena tidak semua guru bersertifikat menggunakan alat peraga karena tidak semua pembelajaran menggunakan alat peraga terutama pada bidang studi ekonomi atau jurusan IPS. Guru Non PNS yang bersertifikat pada SMA Swasta di Kota Bengkulu juga memiliki kompetensi dalam mengajar yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Sebagian besar guru bersertifikat dari SMA Swasta tidak melanjutkan ke jenjang S2 karena untuk khusus bidang studi tertentu misalnya khusus biologi belum ada di Bengkulu. Selain itu guru bersertifikat dari SMA swasta menganggap melanjutkan pendidikan S2 kurang berguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Nov 2014 15:51
Last Modified: 17 Nov 2014 15:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9728

Actions (login required)

View Item View Item