PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII A SMP NEGERI 02 PADANG JAYA

Marwanti, Riska and Rosane, Medriati and Desy, Hanisa Putri (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII A SMP NEGERI 02 PADANG JAYA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ris.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ris.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Kalor dikelas VIIA SMP N 02 Padang Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep Kalor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA yang berjumlah 23 orangData yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 36 dalam kategori baik, siklus II sebesar 37,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 41,5 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 74,7% dan ketuntasan belajar sebesar 73,9% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 78,7% dan ketuntasan belajar sebesar 82,6% (tuntas), dan pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 84% dan ketuntasan belajar sebesar 91% (tuntas). Kesimpulannya, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIIA SMP N 02 Padang Jaya. Saran untuk guru agar memberikan permasalahan yang menarik sehingga siswa selalu antusias untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 09:46
Last Modified: 18 Nov 2014 09:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item