Gratia, Putri Sola and Asahar , Johar and Funny, Farady Coastera (2013) PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (Studi Kasus: Mata Pelajaran Seni budaya dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1I-13-put.FT.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III,1I-13-put.FT.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Abstrak Proses pembelajaran di sekolah umumnya bersifat konvensional atau berpusat pada guru. Sehingga masih banyak didapati kendala dalam proses belajar mengajar, beberapa kendala tersebut adalah proses belajar yang kurang menarik perhatian siswa dan waktu tatap muka antara guru dan siswa yang terbatas. Kendala ini dapat diminimalisir dengan penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran bagi guru dan siswa. Penggunaan teknologi sebagai alat bantu proses belajar mengajar ini disebut sebagai pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu mata pelajaran yang mengalami kendala tersebut adalah pembelajaran notasi musik. Dengan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) maka penggambaran notasi musik dapat lebih visual, interaktif dan dapat diakses diluar waktu belajar sekolah secara online. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangun sebuah pembelajaran notasi musik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diharapkan dapat mengatasi kendala-kendala tersebut. Media pembelajaran yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP (Adobe Dreamweaver CS5) dan Action Script (Macromedia Flash 8) serta pengolahan database MYSQL ini dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 4,53. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian kelayakan yang menggunakan skala likert dengan presentase aspek tidak baik 0%, kurang baik 1,67 %, baik 36,45 %, dan sangat baik 61,87 %. Serta berdasarkan hasil perbandingan nilai ujian ketika mengikuti pembelajaran konvensional dan nilai ujian setelah menggunakan pembelajaran berbasis TIK, nilai rata-rata siswa meningkat 13,4 angka. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran notasi musik berbasis TIK ini sudah layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar guru dan bahan belajar siswa di luar waktu tatap muka di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 17 Oct 2013 11:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2013 11:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/977 |
Actions (login required)
View Item |