PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU

Desi, Farisah Ahda Wulan and Zakaria, Zakaria and Manap , Somantri (2014) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-far.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-far.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (389kB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah partisipasi orang tua dalam pengelolaan TPA di PAUD Haqiqi kota Bengkulu?”. Rumusan masalah secara khusus adalah (1) bagaimanakah partisipasi orang tua dalam menyusunan rencana program TPA di PAUD Haqiqi Kota Bengkulu?, (2) bagaimanakah partisipasi orang tua dalam penyelenggaraan program TPA?, (3) bagaimanakah partisipasi orang tua dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi?, (4) bagaimanakah partisipasi orang tua dalam membantu meningkatkan mutu pengelolaan TPA. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua dalam pengelolaan TPA di PAUD Haqiqi Bengkulu. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan; (1) partisipasi orang tua dalam menyusunan rencana program; (2) partisipasi orang tua dalam penyelenggaraan program TPA; (3) partisipasi orang tua dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi TPA; (4) partisipasi orang tua dalam membantu meningkatkan mutu pengelolaan TPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengelola, tenaga pendidik, orang tua murid TPA PAUD Haqiqi kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles & Huberman, dengan langkah-langkah sebagai berikut : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display), verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, partisipasi orang tua dalam menyusun rencana program TPA dibuktikan dengan adanya keterlibatan orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung yang bekerjasama dengan pengelola (kepala Paud, dan pendidik/pengasuh) dalam pengelolaan TPA yang dimulai dari perencanaan administrasi program TPA mencakup : rencana kegiatan tahunan, semesteran kegiatan harian, jadwal kegiatan TPA, program layanan kesehatan, keamanan, kebersihan, layanan pengasuhan anak dan kedisiplinan, Perencanaa APE, sarana dan prasarana TPA, Perencanaan keuangan (pembayaran SPP) TPA, Perencanaan administrasi umum TPA seperti: formulir pendaftaran peserta didik, daftar hadir anak, daftar hadir pengasuh, buku inventaris barang, dan Perencanaan rekruitmen tenaga pengasuh TPA. Kedua, partisipasi orang tua dalam menyusun rencana program TPA dibuktikan dengan adanya keterlibatan orang tua yang bekerjasama dengan pengelola (kepala Paud, dan pendidik/pengasuh) dalam Pelaksanaan administrasi program TPA mencakup : rencana kegiatan tahunan, semesteran kegiatan harian, jadwal kegiatan TPA, program layanan kesehatan, keamanan, kebersihan, layanan pengasuhan anak dan kedisiplinan sekolah, pelaksanaan APE dalam menunjang pembelajaran murid TPA, serta penerapan sarana dan prasarana TPA dalam menunjang pembelajaran TPA, pelaksanaan keuangan (pembayaran SPP) TPA, pelaksanaan administrasi umum TPA seperti: formulir pendaftaran peserta didik, daftar hadir anak, daftar hadir pengasuh, buku inventaris barang, dan pelaksanaan rekruitmen tenaga pengasuh TPA. Ketiga, adanya partisipasi orang tua dalam pengelolaan Taman Penitipan Anak (TPA) dari segi monitoring dan evaluasi program TPA, setelah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan orang tua melakukan evaluasi program TPA dimulai dari mengevaluasi administrasi program TPA mencakup : rencana Kegiatan tahunan, semesteran kegiatan harian, jadwal kegiatan TPA, program layanan kesehatan, keamanan, kebersihan, layanan pengasuhan dan kedisiplinan sekolah yang telah dilaksanakan ternyata dalam pengamatan orang tua antara perencanaan dan pelaksanaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan bersama. Monitoring dan evaluasi dalam penerapan alat permainan edukatif (APE) sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan hal ini terlihat dengan penerapan APE untuk anak TPA disesuaikan dengan perkembangan anak alat permainan yang dipilih aman tidak berbahaya untuk anak TPA serta memiliki unsur pembelajaran untuk anak TPA, sarana dan prasarana TPA juga diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi yang ada. Dalam pelaksanaan keuangan (pembayaran SPP) TPA menurut evaluasi dan monitoring yang diberikan orang tua murid TPA bahwa pelaksanaan pembayaran SPP sudah baik dalam penerapannya yaitu orang tua rutin dan tepat waktu membayar SPP sebelum tanggal 10 pada awal bulan SPP sudah tepat waktu harus dibayar. Begitu juga dengan administrasi umum TPA seperti: formulir pendaftaran peserta didik, daftar hadir anak, daftar hadir pengasuh, buku inventaris barang, sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama antara pengelola dan orang tua murid TPA. Keempat, bentuk apresiasi dari orang tua sebagai wujud dari partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini khususnya TPA dibuktikan dengan adanya keterlibatan orang tua meluangkan waktu, tenaga, pikiran, dana, kreativitas atau keahlian yang dimiliki orang tua untuk terlibat dalam mensukseskan kegiatan yang ada di TPA. Orang tua menyumbangkan pikiran (berupa ide dan saran) kepada pihak sekolah, memberikan sumbangan dana, benda yang berupa alat permainan edukatif misalnya berupa bola kecil-kecil, menara warna-warni, pencetak pasir, bola besar, bongkar pasang kereta api, puzzle karet, dan miniatur masjid, selain APE ada juga seperti meja, karpet, alat pel, kotak sampah, jemuran handuk, jam dinding, dispenser. Para orang tua berpartisipasi dengan memberikan sesuatu semampu dan seikhlas mungkin serta ada juga bentuk apresiasi orang tua berupa uang kas dari kumpulan dari para orang tua murid jika sedang kumpul acara parenting maka apabila ada kegiatan di sekolah yang membutuhkan dana besar uang kas dan dana pribadi orang tua sebagai donatur akan dapat menunjang keperluan anak TPA disekolah. Jadi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa adanya partisipasi orang tua dalam pengelolaan TPA yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program serta bentuk partisipasi yang diberikan orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini khususnya pada anak TPA. Saran Peneliti, diharapkan sekolah dapat selalu mempertahankan bentuk kerjasama yang melibatkan orang tua dalam bentuk perencanaan program pendidikan anak usia dini khususnya pada layanan TPA, diharapkan sekolah dapat lebih meningkatkan partisipasi orang tua dalam dalam penyelenggaraan seluruh program yang ada di TPA agar program penerapan program-program tersebut dapat memberikan contoh bagi pendidikan anak usia dini (PAUD) yang lainnya, diharapkan pihak sekolah dapat mempertahankan keikutsertaan rang tua dalam monitoring dan evaluasi program pendidikan anak usia dini. Sehingga pada masa yang akan datang partisipasi orang tua dapat selalu dipertahankan dan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi menjadi lebih baik lagi kedepannya, dan diharapkan orang tua dapat mempertahankan bentuk apresiasi yang diberikan dalam pengelolaan TPA sehingga bentuk partisipasi dari orang tua akan dapat meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 21 Nov 2014 15:26
Last Modified: 21 Nov 2014 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9816

Actions (login required)

View Item View Item