PENGARUH HORMON IBA TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BUAH NAGA BERDAGING MERAH (HYLOCEREUS COSTARICENSIS) SERTA IMPLEMENTASINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP

Efrianti, Tati and Choirul , Muslim and Zamzaili, Zamzaili (2014) PENGARUH HORMON IBA TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BUAH NAGA BERDAGING MERAH (HYLOCEREUS COSTARICENSIS) SERTA IMPLEMENTASINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (869kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mendapatkan konsentrasi hormon IBA (indole butyric acid) yang terbaik untuk mempercepat pertumbuhan stek tanaman buah naga berdaging merah (Hylocereus costaricensis), 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa SMP pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan dengan menerapkan model pembelajaran CTL (contextual teaching learning) menggunakan LKS (lembar kerja siswa). Sampel penelitian sains adalah stek tanaman H. costaricensis menggunakan kadar hormon IBA yang berbeda dengan taraf A = kontrol, B = 1 mg/L, C = 2 mg/L, D = 3 mg/L, dan E = 4 mg/L. Data hasil pengamatan dianalisis dengan anova, dan jika ada perbedaan yang nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji LSD (least significantly difference) 5% dan 1%. Hasil penelitian sains diimplementasikan dengan model pembelajaran dengan LKS pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 3 Talang Empa Bengkulu. Dari hasil uji F 5% dan 1% terlihat bahwa perlakuan hormon IBA berpengaruh sangat nyata terhadap persentase stek hidup (100%), saat muncul tunas (IBA 4 mg/L), panjang tunas (IBA 4 mg/L), panjang akar (IBA 2 mg/L dan 3 mg/L), tetapi perlakuan hormon tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah tunas. Penerapan model pembelajaran CTL menggunakan LKS pada materi pertumbuhan dan perkembangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil belajar 71,11 pada siklus 1 menjadi 90,56 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 24 Nov 2014 08:55
Last Modified: 24 Nov 2014 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9819

Actions (login required)

View Item View Item