ANALISIS PENINGKATAN PRESTASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA)

Trisaputra, Eko and Cucu, Syamsudin and Syuplahan, Gumay (2014) ANALISIS PENINGKATAN PRESTASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eko.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eko.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi bagi anak berkebutuhan khusus ( tunagrahita) yang berada di Di Sekolah Luar Biasa Dharma Wanita Persatuan Kota Bengkulu. metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif purposif sampling (sample bertujuan), sedangkan metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancaramendalamdan studi kepustakaan. Penelitian ini di laksanakan mulaibulan maret 2014 sampai dengan april 2014,proses penelitian langsung di lakukan ke informan yaitu 5 orang guru yang mengajar anak tunagrahita. hasil penelitian Upaya meningkatkan prestasi siswa dilakukan dengan mengelola faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi tunagrahita mengacu pada Faktor yang berasal dari dalam diri siswa : Minat, Kecerdasan, Bakat dan Motivasi sedangkan Faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti : Kurikulum; Bina Diri a. Merawat diri b.Komunikasi dan Sosialisasi c.Kognitif/IQ dan peranan guru dalam mengajarkan membaca, menulis, menghitung dan mendengarkan serta didukung dengan sarana dan fasilitas sekolah. Rekomendasi Kepada orang tua anak tunagrahita, peran orang tua yaitu yang memberikan dukungan dan pengasuhan yang tepat. Peran orangtua meliputi dukungan materi, dukungan perhatian, penerimaan orang tua, nasehat dan pengasuhan. Kepada sekolah luar biasa dharma wanita persatuan kota Bengkulu, Guru harus memiliki kemampuan kreatifitas serta inovatif yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat berkembang maksimal sesuai dengan sisa kemampuan yang mereka miliki. Berilah pada anak-anak tunagrahita ruang ditengah-tengah lingkungan masyarakat agar mereka bisa merasa nyaman dan merasa diterima oleh masyarakat. Pemerintah, pentingnya pelayanan pada anak berkebutuhan khusus hendaknya para pemerintah mampu memberikan layanan secara khusus pada anak- anak yang membutuhkan sehingga anak-anak tersebut tidak kehilanggan hak-haknya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Dec 2014 09:51
Last Modified: 01 Dec 2014 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item