Faizah, Dini and Padi, Utomo and M. Arifin, M. Arifin (2018) ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam
pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa 
Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 
2017/2018. Metode yang digunakan oleh peneliti yakni metode deskriptif 
kualitatif melalui observasi dan dokumentasi (rekam dan catat). Analisis 
kemunculan jenjang pertanyaan menggunakan ranah kognitif Taksonomi 
Anderson, jenjang tersebut yakni mengingat (C-1), memehami (C-2), menerapkan 
(C-3), menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), berkreasi (C-6) dan macam�macam pertanyaan menurut tujuan, sifat, dan cara. Kemunculan pertanyaan guru 
pada kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam 8 kali pertemuan berjumlah 62
pertanyaan. Jumlah jenjang ranah kognitif yang diajukan guru adalah C-1 
berjumlah 14 jenjang, C-2 berjumlah 40 jenjang, C-3 berjumlah 1 jenjang, C-4 
berjumlah 4 jenjang, C-5 berjumlah 3 jenjang, dan C-6 berjumlah 0 jenjang. 
Jumlah jenjang pertayaan yang sering diajukan oleh sguru ialah jenjang C-2 
(memahami) dan banyaknya macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara 
ialah pertanyaan menggali. Sedangkan pertanyaan siswa sebanyak 7 pertanyaan. 
Jumlah jenjang ranah kognitif yang diajukan oleh siswa adalah C-1 berjumlah 0 
jenjang, C-2 berjumlah 5 jenjang, C-3 berjumlah 2 jenjang, C-4 berjumlah 0 
jenjang, C-5 berjumlah 0 jenjang, dan C-6 berjumlah 0 jenjang. Jumlah jenjang 
pertayaan yang sering diajukan oleh siswa ialah jenjang C-2 (memahami) dan 
banyaknya macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara ialah pertanyaan 
menggali. Pertanyaan lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa dan 
pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. 
Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan 
tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson. 
Kata kunci: Pertanyaan, macam-macam pertanyaan, Taksonomi Anderson.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:34 | 
| Last Modified: | 17 Mar 2023 08:34 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11619 | 

