PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Lukita, Purnamasari and Agus, Trianto and Gumono, Gumono (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model
pembelajaran pedagogi genre di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian
ini proses hasil belajar mengajar bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 14
Kota Bengkulu dengan menggunakan model pedagogi genre. Sumber data dalam
penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakanteknik
analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 14 Kota
Bengkulu telah melaksanakan model pembelajaran pedagogi genre berdasarkan
Kurikulum 2013 dengan menggunakan empat tahap pembelajaran.Pelaksanaan
model pembelajaran pedagogi genre tahap membangun pengetahuan terjadi dalam
kegiatan ketika guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Mengenai tema materi
pembelajaran yang akan dipelajari. Pada tahap ini belum terlaksana karena belum
membangun pengetahuan siswa mengenai konteks materi yang akan dipelajari.
Menelaah model , pada tahap ini guru memberi contoh yang ideal sesuai dengan
materi yang di bahasa lalu siswa mengamati dan memahami unsur-unsur buku
fiksi dan nonfiksi, tahap ini telah memenuhi KD yang harus dicapai yang ada di
RPP guru. mengonstruksi terbimbing guru dan siswa bersama-sama
mengidentifikasi teks yang ada pada buku siswa dan buku fiksi lainnya lalu guru
menulis setiap kontribusi siswa di papan tulis, Pada tahap ini telah memenuhi KD
yang harus dicapai. Mengonstruksi mandiri siswa membangun teks secara mandiri
sesuai dengan buku fiksi yang telah di bacanya dan mengembangkan ide kreatif
dalam mengembangkan teks sehingga siswa akan menghasilkan draf lalu guru
meminta untuk memperbaiki tulisan mereka yang belum tepat. guru meminta
siswa untuk memperbaiki kembali penulisan jika ada yang kurang tepat. setelah
itu guru menugaskan siswa untuk mengkomunikasikan tulisan mereka masing�masing di depan kelas. Pada tahap ini guru hanya meninta siswa untuk menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang bisa dikomentari. guru tidak meminta siswa
untuk membuat komentar tentang buku fiksi dan noniksi seperti KD yang harus
dicapai yang tercantum di RPP guru.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pedagogi Genre.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:34
Last Modified: 17 Mar 2023 09:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item
View Item