Lukita, Purnamasari and Agus, Trianto and Gumono, Gumono (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model 
pembelajaran pedagogi genre di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jenis 
penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian 
ini proses hasil belajar mengajar bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 14 
Kota Bengkulu dengan menggunakan model pedagogi genre. Sumber data dalam 
penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik 
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah yaitu 
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakanteknik 
analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan 
bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 14 Kota 
Bengkulu telah melaksanakan model pembelajaran pedagogi genre berdasarkan 
Kurikulum 2013 dengan menggunakan empat tahap pembelajaran.Pelaksanaan 
model pembelajaran pedagogi genre tahap membangun pengetahuan terjadi dalam 
kegiatan ketika guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Mengenai tema materi 
pembelajaran yang akan dipelajari. Pada tahap ini belum terlaksana karena belum 
membangun pengetahuan siswa mengenai konteks materi yang akan dipelajari. 
Menelaah model , pada tahap ini guru memberi contoh yang ideal sesuai dengan 
materi yang di bahasa lalu siswa mengamati dan memahami unsur-unsur buku 
fiksi dan nonfiksi, tahap ini telah memenuhi KD yang harus dicapai yang ada di 
RPP guru. mengonstruksi terbimbing guru dan siswa bersama-sama 
mengidentifikasi teks yang ada pada buku siswa dan buku fiksi lainnya lalu guru 
menulis setiap kontribusi siswa di papan tulis, Pada tahap ini telah memenuhi KD 
yang harus dicapai. Mengonstruksi mandiri siswa membangun teks secara mandiri 
sesuai dengan buku fiksi yang telah di bacanya dan mengembangkan ide kreatif 
dalam mengembangkan teks sehingga siswa akan menghasilkan draf lalu guru 
meminta untuk memperbaiki tulisan mereka yang belum tepat. guru meminta 
siswa untuk memperbaiki kembali penulisan jika ada yang kurang tepat. setelah 
itu guru menugaskan siswa untuk mengkomunikasikan tulisan mereka masing�masing di depan kelas. Pada tahap ini guru hanya meninta siswa untuk menelaah 
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang bisa dikomentari. guru tidak meminta siswa 
untuk membuat komentar tentang buku fiksi dan noniksi seperti KD yang harus 
dicapai yang tercantum di RPP guru.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pedagogi Genre.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 17 Mar 2023 09:34 | 
| Last Modified: | 17 Mar 2023 09:34 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11637 | 

