PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU

Ramadayanti, Fitri and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Ken Kustianti (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf] Text
SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) menggunakan model pembelajaran role playing pada kelas IV Sekolah
Dasar (SD) yang dapat digunakan sebagai acuan guru dalam melaksanakan
pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D. Namun pada penelitian
ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan).
Validasi dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi pembelajaran.
RPP yang dikembangkan diberi nilai dan tanggapan oleh 8 guru SD Negeri di
Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
terhadap hasil penilaian validasi ahli dan tanggapan guru serta analisis deskriptif
kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan tanggapan guru. Penelitian ini
menghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan
model pembelajaran role playing dengan penilaian dari ahli desain pembelajaran,
materi pembelajaran dan kebahasan pada validasi RPP sebesar 94,6 dengan
kategori sangat baik. Tanggapan guru sebesar 91 dengan kategori sangat baik.
Jadi, penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa RPP
menggunakan model pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik pada
kelas IV SD dapat dikategorikan sebagai RPP yang sangat baik dan dapat
digunakan pada pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Role Playing, Tematik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:30
Last Modified: 09 Jun 2023 03:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item
View Item