Ramadayanti, Fitri and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Ken Kustianti (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf [thumbnail of SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
(RPP) menggunakan model pembelajaran role playing pada kelas IV Sekolah 
Dasar (SD) yang dapat digunakan sebagai acuan guru dalam melaksanakan 
pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and 
Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D. Namun pada penelitian 
ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan). 
Validasi dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. 
RPP yang dikembangkan diberi nilai dan tanggapan oleh 8 guru SD Negeri di 
Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif 
terhadap hasil penilaian validasi ahli dan tanggapan guru serta analisis deskriptif 
kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan tanggapan guru. Penelitian ini 
menghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan 
model pembelajaran role playing dengan penilaian dari ahli desain pembelajaran, 
materi pembelajaran dan kebahasan pada validasi RPP sebesar 94,6 dengan 
kategori sangat baik. Tanggapan guru sebesar 91 dengan kategori sangat baik. 
Jadi, penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa RPP 
menggunakan model pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik pada 
kelas IV SD dapat dikategorikan sebagai RPP yang sangat baik dan dapat 
digunakan pada pembelajaran di sekolah. 
Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Role Playing, Tematik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:30 | 
| Last Modified: | 09 Jun 2023 03:30 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12201 | 

