UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas)

Hutagalung, Frans and Nyoman, Rohadi and Irwan, Koto (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Frans Meydy Hutagalung (A1E015034)2.pdf] Text
SKRIPSI Frans Meydy Hutagalung (A1E015034)2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada materi fluida statis yang
dilaksanakan dalam empat siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar,dan keterampilan proses sains. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I daya serapnya sebesar
84,32% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 64,28% (belum tuntas) serta nilai rata-rata
sebesar 75,89, meningkat pada siklus II daya serapnya sebesar 88,49% dan ketuntasan
belajar siswa sebesar 78,57% (belum tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 79,64,
kemudian meningkat kembali pada siklus III daya serapnya sebesar 88,54% dan
ketuntasan belajar siswa sebesar 89,29 (tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 84,11, dan
meningkat lagi pada siklus IV daya serapnya sebesar 88,58% dan ketuntasan belajar
siswa sebesar 100 (tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 88,57. Untuk hasil tes
keterampilan proses sains skor rata-rata kelas per siklus mengalami peningkatan tiap
siklusnya. Pada siklus I diperoleh sebesar 79,46 dengan kategori baik, siklus II
diperoleh sebesar 84,64 dengan kategori sangat baik, pada siklus III diperoleh skor rata�rata sebesar 86,61 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus IV sebesar 91,25 dengan
kategori sangat baik. Berdasaran hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran berbasis masalah menggunakan video pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi Fluida
Statis.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran
Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:28
Last Modified: 15 Jun 2023 02:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item
View Item