Gandi, Indra and Turjai, Turjai and Bambang, Sahono (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 11 Merapi Barat Kecamatan Merapi Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf [thumbnail of TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
problem based learning untuk meningkatkan berpikir ilmiah dan prestasi
belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas
dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V semester
dua tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 11 Merapi Barat. Untuk sampel
kuasi eksperimen adalah 24 siswa kelas V/B dan 24 siswa V/C pada gugus
2 Merapi Barat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi berpikir ilmiah siswa dan instrumen tes untuk mengukur
prestasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan statistik
deskriptif yaitu rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Dari hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dapat
meningkatkan berfikir ilmiah dan prestasi belajar siswa mata pelajaran
matematika kelas V SD Negeri 11 Merapi Barat
Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, Berpikir Ilmiah,
Prestasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:53 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12271 |