Gandi, Indra and Turjai, Turjai and Bambang, Sahono (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 11 Merapi Barat Kecamatan Merapi Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf [thumbnail of TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
TESIS INDRA GANDI A2M018007.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model 
problem based learning untuk meningkatkan berpikir ilmiah dan prestasi 
belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas 
dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V semester 
dua tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 11 Merapi Barat. Untuk sampel 
kuasi eksperimen adalah 24 siswa kelas V/B dan 24 siswa V/C pada gugus 
2 Merapi Barat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 
lembar observasi berpikir ilmiah siswa dan instrumen tes untuk mengukur 
prestasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan statistik 
deskriptif yaitu rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Dari hasil penelitian 
menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dapat 
meningkatkan berfikir ilmiah dan prestasi belajar siswa mata pelajaran 
matematika kelas V SD Negeri 11 Merapi Barat 
Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, Berpikir Ilmiah, 
Prestasi
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:53 | 
| Last Modified: | 21 Jun 2023 03:53 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12271 | 

