Sari, Mita Okta and Rizkan, Rizkan and Ririn, Gusti (2018) KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BHABINKAMTIBMAS DESA PADANG MANIS KECAMATAN MANNA KEBUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi MITA OKTA SARI.pdf [thumbnail of Skripsi MITA OKTA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi MITA OKTA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan 
Al-Quran (TPQ) oleh Bhabinkamtibmas di Desa Padang Manis Kecamatan Manna 
Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 
kualitatif studi kasus. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti melakukan 
triangulasi terhadap subjek penelitian dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan 
hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan 1) dalam tujuan pelaksanan 
pembelajaran untuk mencapai keberhasilan belajar satiap santri. Selain itu juga 
pelaksanaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) harus memiliki izin 
oprasianal/pendirian TPQ, Selain itu ditunjang dengan sarana dan prasarana untuk 
kegiatan pembalajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). 2) pelaksanaan 
kagiatan pembelajaran adanya program pembelajaran dan metode. Sedangkan waktu 
saat proses pembelajaran maksimal 2 jam dalam pertemuan. Adapun cara guru 
mengajar yang dilakukan dalam mendidik santri seperti menanamkan nilai-nilai 
agama dan moral pada anak. Selain itu ada juga kendala guru dalam menyikapi anak 
yang sedikit bandel. Walaupun dengan demikian adanya sistem penilaian harian yang 
dilakukan saat santri belajar membaca Al-Qur’an, supaya anak yang sudah khatam 
Qur’an bisa mendaftar wisuda yang dilakukan setiap tahunnya. 3) faktor penghambat 
kegiatan pembelajaran adalah media yang terbatas, selain itu juga materi 
pembelajaran yang kurang efektif. Adapun faktor yang mendukung kegiatan 
pembelajaran yaitu, adanya pondok ngaji, dukungan kepala desa dan antusia 
masyarakat terhadap pembelajaran Al-Qur’an dan Ilmu Agama. 
Kata kunci : Kegiatan Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:58 | 
| Last Modified: | 21 Jul 2023 03:58 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13743 | 

