KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BHABINKAMTIBMAS DESA PADANG MANIS KECAMATAN MANNA KEBUPATEN BENGKULU SELATAN

Sari, Mita Okta and Rizkan, Rizkan and Ririn, Gusti (2018) KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BHABINKAMTIBMAS DESA PADANG MANIS KECAMATAN MANNA KEBUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi MITA OKTA SARI.pdf] Text
Skripsi MITA OKTA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan
Al-Quran (TPQ) oleh Bhabinkamtibmas di Desa Padang Manis Kecamatan Manna
Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif studi kasus. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti melakukan
triangulasi terhadap subjek penelitian dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan 1) dalam tujuan pelaksanan
pembelajaran untuk mencapai keberhasilan belajar satiap santri. Selain itu juga
pelaksanaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) harus memiliki izin
oprasianal/pendirian TPQ, Selain itu ditunjang dengan sarana dan prasarana untuk
kegiatan pembalajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). 2) pelaksanaan
kagiatan pembelajaran adanya program pembelajaran dan metode. Sedangkan waktu
saat proses pembelajaran maksimal 2 jam dalam pertemuan. Adapun cara guru
mengajar yang dilakukan dalam mendidik santri seperti menanamkan nilai-nilai
agama dan moral pada anak. Selain itu ada juga kendala guru dalam menyikapi anak
yang sedikit bandel. Walaupun dengan demikian adanya sistem penilaian harian yang
dilakukan saat santri belajar membaca Al-Qur’an, supaya anak yang sudah khatam
Qur’an bisa mendaftar wisuda yang dilakukan setiap tahunnya. 3) faktor penghambat
kegiatan pembelajaran adalah media yang terbatas, selain itu juga materi
pembelajaran yang kurang efektif. Adapun faktor yang mendukung kegiatan
pembelajaran yaitu, adanya pondok ngaji, dukungan kepala desa dan antusia
masyarakat terhadap pembelajaran Al-Qur’an dan Ilmu Agama.
Kata kunci : Kegiatan Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:58
Last Modified: 21 Jul 2023 03:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item
View Item