PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI MAN 2 KOTA BENGKULU

Shintia, Weny and Bahar, Amrul and Rina, Elvia (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI MAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of WENY SHINTIA.pdf] Text
WENY SHINTIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia
siswa yang menerapkan model pembelajaran word square dan model
pembelajaran scramble di kelas X MAN 2 Kota Bengkulu pada pokok
bahasan tata nama senyawa kimia. Penelitian ini merupakan penelitian
quasi eksperimen dengan populasi yaitu kelas X MIA di MAN 2 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dan sampel yaitu kelas X MIA 1 dan
kelas X MIA 3. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis (uji t).Peningkatan hasil belajar siswa pada
penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest. Pada kelas
eksperimen I nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 50,32.
Sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 44,4. Melalui serangkaian
uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (α=
0.05) diperoleh t hitung = 2,174 dan t tabel = 1,998. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran word square dan
model pembelajaran scramble di kelas X MAN 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Word Square, Scramble, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:06
Last Modified: 27 Jul 2023 07:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item
View Item