PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Wati, Lidia and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Lidia Wati.pdf] Text
Skripsi Lidia Wati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK
SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL
SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN
KABUPATEN KEPAHIANG
Oleh:
LIDIA WATI
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan kecerdasan moral
siswa di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan desain penelitian one group pretest(100,1) dan posttest (118,125). Subjek
penelitian ini menggunakan 8 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket kecerdasan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kecerdasan moral siswa meningkat setelah pemberian layanan konseling
kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest dan posttest
dengan nilai t hitung data -7,483 (-t > -2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05).
Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan moral siswa
sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik
sosiodrama kepada subjek penelitian.
Kata kunci: kecerdasan moral, layanan konseling kelompok, teknik sosiodrama

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:19
Last Modified: 04 Aug 2023 08:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item
View Item