CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 74 REJANG LEBONG

Putri, Agustina Haryani and Dian, Eka Chandra Wardhana and Supadi, Supadi (2020) CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 74 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI AGUSTINA HARYANI PUTRI.pdf] Text
SKRIPSI AGUSTINA HARYANI PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk campur kode, jenis
campur kode, dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam kegiatan
pembelajaran di kelas rendah Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Penelitian
ini dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah bahasa guru saat interaksi dengan peserta didik dalam pembelajara di kelas
satu, dua, dan tiga Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Data dalam penelitian
ini berupa ujaran guru saat interaksi dengan peserta didik yang mengandung campur
kode dalam pembelajaran di kelas satu, dua, dan tiga di Sekolah Dasar Negeri 74
Rejang Lebong. Langkah pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
perekaman dan pewawancaraan. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian
ini (1) pentranskripsian data, (2) pengidentifikasian data, (3) pengklasifikasian data,
(4) penginterpretasian data, (5) pengimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa bentuk campur kode kata meliputi bentuk kata verba, nomina, adjektiva,
adverbia, pronomina, konjungsi, interogativa, demonstrativa, numeralia. Sementara
itu, bentuk frasa verba, nomina, pronomina, adverbia, numeralia, interogativa, dan
demonstrativa. Jenis-jenis campur kode dalam pembelajaran kelas rendah meliputi
jenis campur kode ke dalam, dan campur kode ke luar, serta campur kode campuran.
Peristiwa campur kode ke luar bersumber dari bahasa Indonesia yang disisipkan
bahasa Inggris. Campur kode ke dalam bersumber dari bahasa daerah dan campur
kode campuran bersumber dari bahasa daerah dan bahasa Inggris. Faktor penyebab
terjadinya campur kode meliputi faktor fungsi dan tujuan, mitra bicara, pembicara
dan pribadi pembicara.
Kata Kunci: Campur Kode, Pembelajaran, Kelas Rendah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:44
Last Modified: 04 Sep 2023 08:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item
View Item