WARSIMAN, WARSIMAN and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Illawaty, Sulian (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 03 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI WARSIMAN A1L016012.pdf [thumbnail of SKRIPSI WARSIMAN A1L016012.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WARSIMAN A1L016012.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kemandirian
belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pre eksperimental dengan one
group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian 30 siswa kelas VIII
D SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah dengan Sampel 7 siswa yang teridentifikasi
kemandirian belajar rendah. Teknik pengambilan sampel penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket kemandirian. Pengolahan data nilai t-test lebih besar dari t tabel yaitu
sebesar -20,891 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho
ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata post-test yang meningkat dari nilai
pre-test ( 74,5 > 39,4 ). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa bimbingan
kelompok dengan teknik self-management berpengaruh untuk meningkatkan
kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Self-management, Kemandirian belajar.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Self-management, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:06 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15460 |