Pengembangan Butir Soal HOTS untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu

Pangesti, Dewi and Rina, Elvia and Elvinawati, Elvinawati (2020) Pengembangan Butir Soal HOTS untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Pangesti Dewi.pdf] Text
Skripsi_Pangesti Dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan distribusi
butir soal HOTS yang dikembangkan serta untuk menguji besarnya
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tahapan dalam penelitian ini
meliputi tahap pendefinisian yang terdiri dari analisis awal akhir, analisis
siswa, analisis KD, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran.
Tahap perancangan yang terdiri dari penyusunan kisi-kisi, penyusunan
butir soal, dan desain awal. Tahap pengembangan yang terdiri dari
validasi instrumen, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Data
penelitian ini diperoleh dari hasil uji coba terhadap butir soal HOTS yang
telah dianalisis. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dianalisis, didapat
bahwa butir soal yang dikembangkan memenuhi kriteria dalam analisis
soal yang baik sehingga layak untuk digunakan. Adapun distribusi butir
soal HOTS yang dikembangkan yaitu C3 sebanyak 29%, C4 sebanyak
45%, C5 sebanyak 24%, dan C6 sebanyak 2,3%. Butir soal HOTS yang
dikembangkan memiliki nilai uji yang tinggi terhadap kemampuan berpikir
tingkat tinggi yaitu sebesar 85,9%.
Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Butir Soal HOTS, Model 3D,
Kestimbangan Ion dalam Larutan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item
View Item