Pangesti, Dewi and Rina, Elvia and Elvinawati, Elvinawati (2020) Pengembangan Butir Soal HOTS untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Pangesti Dewi.pdf [thumbnail of Skripsi_Pangesti Dewi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi_Pangesti Dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan distribusi 
butir soal HOTS yang dikembangkan serta untuk menguji besarnya 
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tahapan dalam penelitian ini 
meliputi tahap pendefinisian yang terdiri dari analisis awal akhir, analisis 
siswa, analisis KD, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. 
Tahap perancangan yang terdiri dari penyusunan kisi-kisi, penyusunan 
butir soal, dan desain awal. Tahap pengembangan yang terdiri dari 
validasi instrumen, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Data 
penelitian ini diperoleh dari hasil uji coba terhadap butir soal HOTS yang 
telah dianalisis. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dianalisis, didapat 
bahwa butir soal yang dikembangkan memenuhi kriteria dalam analisis 
soal yang baik sehingga layak untuk digunakan. Adapun distribusi butir 
soal HOTS yang dikembangkan yaitu C3 sebanyak 29%, C4 sebanyak
45%, C5 sebanyak 24%, dan C6 sebanyak 2,3%. Butir soal HOTS yang
dikembangkan memiliki nilai uji yang tinggi terhadap kemampuan berpikir 
tingkat tinggi yaitu sebesar 85,9%.
Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Butir Soal HOTS, Model 3D, 
Kestimbangan Ion dalam Larutan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:07 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:07 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15494 | 

