Rahmadani, Yolanda Suci and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING FORMAT KLASIKAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI YOLANDA SUCI RAHMADANI (A1L018069) (1).pdf [thumbnail of SKRIPSI YOLANDA SUCI RAHMADANI (A1L018069) (1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YOLANDA SUCI RAHMADANI (A1L018069) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perilaku asertif siswa yang rendah di
SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan
pengaruh layanan penguasaan konten teknik assertive training format klasikal
terhadap peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bengkulu
Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one-grup pretest
postest design. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 101 siswa. Sampel
pada penelitian ini berjumlah 33 orang siswa. Sampel di peroleh melalui teknik
random sampling. Teknik dalam mengambil data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan perilaku asertif siswa. Hal ini ditunjukkan
dengan nilai rata-rata sebelum diberikan layanan adalah 84,2 dalam kategori
rendah. Setelah diberikan layanan nilai rata-rata skor menjadi 117,3 dalam
kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t= -37,984 (p=<0,05). Artinya ada
pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten teknik assertive training
format klasikal terhadap peningkatan perilaku asertif siswa.
Kata Kunci: Penguasaan Konten, Perilaku Asertif, Teknik Assertive Training
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 09:18 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 00:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16262 |