ANALISIS EFEKTIVITAS PENGARUH MEDIA e-PR PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk – ASTRA WORLD DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KOMUNIKASI (Studi Kasus Pada Astra World Medan)

Tampubolon, Manur M and Lamhir , Syam Sinaga and Sugeng, Suharto (2007) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGARUH MEDIA e-PR PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk – ASTRA WORLD DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KOMUNIKASI (Studi Kasus Pada Astra World Medan). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of I,II,III-MAN-FISIP.pdf] Text
I,II,III-MAN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[thumbnail of IV,V-MAN-FISIP.pdf] Text
IV,V-MAN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2006 di PT. Astra International
Tbk - Astra World cabang Medan dengan mengambil responden penelitian adalah
partner eksternal dan member Astra World di Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektifitas dari pemanfaatan media e-PR PT. Astra International Tbk – Astra
World dalam menumbuhkan iklim komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif.
PT. Astra International Tbk – Astra World telah memiliki media e-PR sebagai
salah satu media komunikasi dengan publiknya. Media e-PR milik PT. Astra
International Tbk – Astra World telah diaplikasikan melalui home page dengan
mengakses www.astraworld.com, layanan e-mail sebagai wadah publik menyampaikan
saran dan kritik ke customerservice@astraworld.com dan dalam bentuk press release
online yang memuat laporan perusahaan, laporan keuangan dan kinerja PT. Astra
International Tbk – Astra World.
Melalui penelitian ini diketahui bahwa partner eksternal dan member Astra
World sebagian besar telah memanfaatkan media e-PR PT. Astra International Tbk –
Astra World untuk mendapatkan dan mengetahui informasi, perkembangan dan kinerja
Astra World. Selain itu melalui media e-PR yaitu home page Astra World, publik bisa
mendapatkan informasi dan tips seputar otomotif dari Astra World.
Dengan seringnya member dan partner eksternal Astra memanfaatkan media e-PR tersebut layaknya media komunikasi lain yang selama ini digunakan, mampu
menunjukkan iklim komunikasi dapat tumbuh dan terjaga dalam lingkungan perusahaan
melalui keberadaan media e-PR. Dengan demikian semakin efektif pemanfaatan media
e-PR tersebut, maka iklim komunikasi dalam tubuh PT. Astra International Tbk – Astra
World dengan publiknya tumbuh dan terjaga secara efektif juga.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 04 Dec 2013 16:10
Last Modified: 04 Dec 2013 16:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item
View Item