Prafitasari, Ensi and Rudi , Afriazi and Kasmaini, Kasmaini (2012) THE EFFECT OF GUESSING UNFAMILIAR WORDS TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ENSI PRAFITASARI-0.pdf [thumbnail of ENSI PRAFITASARI-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ENSI PRAFITASARI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh positive yang
signifikan teknik guessing unfamiliar words terhadap pemahaman membaca siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuasi-experimen yang melibatkan dua kelompok yaitu
kelompok experiment dan kelompok pembanding. Populasinya adalah siswa kelas X1
dan siswa kelas X2 SMAN 08 Bengkulu, tahun ajaran 2011/2012. Kelompok
experimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik guessing unfamiliar
words, sementara pada kelompok pembanding menggunakan teknik tradisional.
sebelum diberikan perlakuan, kedua kelompok ini diberikan pre-test . Skor rata-rata
dari kelompok experimen adalah 51.61 dan kelompok pembanding adalah 53.38.
hasil pre-test ini selanjutnya dikalkulasikan dengan menggunakan formula t-test.
Hasil dari t-test, t yang diperoleh 1.429 . Sedangkan pada t-table .05 p level dan 60 df
adalah 2.000. Jadi t yang diperoleh adalah lebih kecil dari t table (1,429 < 2.000). Ini
berarti tidak ada perbedaan yang significan antara skor rata-rata dari kelompok
ekperimen dan kelompok pembanding. Ini disimpulkan kedua kelompok tersebut
dapat menerima sebagai sampel dalam penelitian ini. Setelah diberikan perlakuan
selama enam kali, post-test diberikan kepada kedua kelompok. Skor rata-rata dari
kelompok experimen adalah 69.52 dan kelompok pembanding adalah 61.26. Hasil
dari t-test yang diperoleh adalah 3.385 sementara t table adalah 2.000. Jadi t yang
diperoleh adalah lebih besar dari pada t table (3.385 > 2.000). Hasil ini menunjukkan
bahwa ada perbedaan yang signifikan dari teknik guessing unfamiliar words dalam
pemahaman membaca. Ini berarti, teknik menebak kata-kata sulit telah efektif dalam
meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dengan kata lain, hipotesis dalam
penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 13:44 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 13:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4900 |