THE EFFECT OF GUESSING UNFAMILIAR WORDS TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION

Prafitasari, Ensi and Rudi , Afriazi and Kasmaini, Kasmaini (2012) THE EFFECT OF GUESSING UNFAMILIAR WORDS TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ENSI PRAFITASARI-0.pdf] Text
ENSI PRAFITASARI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh positive yang
signifikan teknik guessing unfamiliar words terhadap pemahaman membaca siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuasi-experimen yang melibatkan dua kelompok yaitu
kelompok experiment dan kelompok pembanding. Populasinya adalah siswa kelas X1
dan siswa kelas X2 SMAN 08 Bengkulu, tahun ajaran 2011/2012. Kelompok
experimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik guessing unfamiliar
words, sementara pada kelompok pembanding menggunakan teknik tradisional.
sebelum diberikan perlakuan, kedua kelompok ini diberikan pre-test . Skor rata-rata
dari kelompok experimen adalah 51.61 dan kelompok pembanding adalah 53.38.
hasil pre-test ini selanjutnya dikalkulasikan dengan menggunakan formula t-test.
Hasil dari t-test, t yang diperoleh 1.429 . Sedangkan pada t-table .05 p level dan 60 df
adalah 2.000. Jadi t yang diperoleh adalah lebih kecil dari t table (1,429 < 2.000). Ini
berarti tidak ada perbedaan yang significan antara skor rata-rata dari kelompok
ekperimen dan kelompok pembanding. Ini disimpulkan kedua kelompok tersebut
dapat menerima sebagai sampel dalam penelitian ini. Setelah diberikan perlakuan
selama enam kali, post-test diberikan kepada kedua kelompok. Skor rata-rata dari
kelompok experimen adalah 69.52 dan kelompok pembanding adalah 61.26. Hasil
dari t-test yang diperoleh adalah 3.385 sementara t table adalah 2.000. Jadi t yang
diperoleh adalah lebih besar dari pada t table (3.385 > 2.000). Hasil ini menunjukkan
bahwa ada perbedaan yang signifikan dari teknik guessing unfamiliar words dalam
pemahaman membaca. Ini berarti, teknik menebak kata-kata sulit telah efektif dalam
meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dengan kata lain, hipotesis dalam
penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:44
Last Modified: 18 Dec 2013 13:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item
View Item