THE EFFECT OF GUESSING UNFAMILIAR WORDS TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION

Prafitasari, Ensi and Rudi , Afriazi and Kasmaini, Kasmaini (2012) THE EFFECT OF GUESSING UNFAMILIAR WORDS TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ENSI PRAFITASARI-0.pdf] Text
ENSI PRAFITASARI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh positive yang
signifikan teknik guessing unfamiliar words terhadap pemahaman membaca siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kuasi-experimen yang melibatkan dua kelompok yaitu
kelompok experiment dan kelompok pembanding. Populasinya adalah siswa kelas X1
dan siswa kelas X2 SMAN 08 Bengkulu, tahun ajaran 2011/2012. Kelompok
experimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik guessing unfamiliar
words, sementara pada kelompok pembanding menggunakan teknik tradisional.
sebelum diberikan perlakuan, kedua kelompok ini diberikan pre-test . Skor rata-rata
dari kelompok experimen adalah 51.61 dan kelompok pembanding adalah 53.38.
hasil pre-test ini selanjutnya dikalkulasikan dengan menggunakan formula t-test.
Hasil dari t-test, t yang diperoleh 1.429 . Sedangkan pada t-table .05 p level dan 60 df
adalah 2.000. Jadi t yang diperoleh adalah lebih kecil dari t table (1,429 < 2.000). Ini
berarti tidak ada perbedaan yang significan antara skor rata-rata dari kelompok
ekperimen dan kelompok pembanding. Ini disimpulkan kedua kelompok tersebut
dapat menerima sebagai sampel dalam penelitian ini. Setelah diberikan perlakuan
selama enam kali, post-test diberikan kepada kedua kelompok. Skor rata-rata dari
kelompok experimen adalah 69.52 dan kelompok pembanding adalah 61.26. Hasil
dari t-test yang diperoleh adalah 3.385 sementara t table adalah 2.000. Jadi t yang
diperoleh adalah lebih besar dari pada t table (3.385 > 2.000). Hasil ini menunjukkan
bahwa ada perbedaan yang signifikan dari teknik guessing unfamiliar words dalam
pemahaman membaca. Ini berarti, teknik menebak kata-kata sulit telah efektif dalam
meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dengan kata lain, hipotesis dalam
penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:44
Last Modified: 18 Dec 2013 13:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini