Pembelaiaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelaiaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu)

Gratia, Putri Sola and Asahar, Johar and Funny, Farady Coastera (2015) Pembelaiaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelaiaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu). Rekursif, 3 (1). pp. 36-42. ISSN 9-772303-075009

[thumbnail of Rekursif-Pembelajaran Notasi.pdf]
Preview
Text
Rekursif-Pembelajaran Notasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi sebagai alat bantu belajar mengajar disebut pembelajaran berbasis
Teknologi Informasi dan Komutrikasi (TIK). Salah satu mata pelajaran yang sefing mengalami kendala
adalah pembelajaran notasi musik. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangun sebuah pembelajaran
notasi musik berbasis TIK yang diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut. Media pembelajaran yang
dibangun dengan bahasa pemrograman PFIP (Adobe Dreamweavef CS5) dan Action Script (Macromedia
Flash 8) serta pengolahan ddtabase MYSQL ini dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 4,53. Hal
ini dapat dilihat dari hasil pengujian kelayakan yang menggunakan skala likert dengan presentase aspek
tidak baik 0%o, kurang baik 1,67 Yo, baik 36,45
o/o, dan sangat baik 61,87 7o. Berdasarkan hasil
perbandingan nilai ujian ketika mengikuti pembeiajaran konvensional dan nilai ujian setelah
menggunakan pembelajaran berbasis TIK, nilai rata-rata siswa meningkat 13,4 angka. Berdasarkan hasil
pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran notasi musik berbasis TIK ini layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar guru dan bahan belajar siswa di luar waktu sekolah.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:47
Last Modified: 10 Jul 2023 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item
View Item