Yunita, Devi and Saleh, Haji and Shelly, Trihasari (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BENGKULU TENGAH. In: SEMIRATA BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA, 6-7 Juli 2019, Bengkulu.
2019_Prosiding SEMIRATA_UNIB_Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas Scaffolding.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode
quasi experiment dengan populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu
Tengah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sekaligus sebagai
sampel penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran luar kelas
dengan teknik scaffolding dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan perolehan hasil uji-t
sebesar thitung = 6,6667 ttabel = 1,6772 (pada = 0,05 dan dk = 48). Hal ini
berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik
scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata
kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran luar kelas dengan
teknik scaffolding sebesar 79,48 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan
berpikir kritis yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 70,40
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 04:22 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 04:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11555 |