KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Lestari, Asih and Padi, Utomo and Agus, Joko Purwadi (2018) KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI ASIH LESTARI.pdf] Text
PDF SKRIPSI ASIH LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup
pelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3
Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII 3 dan guru bahasa Indonesia
kelas VII 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data
mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru adalah pedoman
wawancara dan lembar observasi yang ditujukan untuk guru yang akan
diamati.Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu
pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
yang dicapai dalam penelitian ini yaitu komponen yang telah dilaksanakan oleh
guru adalah menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung
tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan
menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis
besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi
sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa
pada masalah pokok pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan,
mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan keterampilan guru
dalam membuka dan menutup pembelajaran yang optimal yaitumenyampaikan
cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang
dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias,
menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar
pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti
pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok
pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan
memberikan soal-soal.Keterampilan guru yang belum dilakukan dengan optimal
yaitumengaitkan materi dengan berita terkini, menggunakan alat peraga/media,
mengandaikan persoalan, mengemukakan ide yang bertentangan, menjelaskan
tujuan pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran,
membandingkan pengetahuan yang lama dan yang akan disajikan, dan
mengaplikasikan ide baru.
Kata kunci: keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menutup
pelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:02
Last Modified: 17 Mar 2023 07:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item
View Item