ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Lisa, Junita Lisdia and Ria, Ariesta and Agus, Joko Purwadi (2018) ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dan
siswa yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri
15 Kota Bengkulu, dengan menggunakan analisis interaksi BIAS (Brown
Interaction Analysis System). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa
di kelas. Objek penelitian adalah interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1)
transkripsi data, (2) kode data, (3) pengidentifikasian data, (4) pengklasifikasian
data, (5) kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
kecenderungan kategori yang muncul pada kegiatan pembelajaran di kelas VII B
dan VII C memiliki perbedaan. Kedua kategori ini selalu terlihat pada setiap
kegiatan pembelajaran yaitu pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir
pembelajaran. Berdasarkan tujuh kategori Brown kategori yang cenderung
muncul di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII B adalah kategori
respon siswa (Pupil Respons (PR) siswa lebih banyak berbicara baik berkomentar
atau bertanya, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, hal ini berkaitan
dengan keterampilan berbicara dan karakteristik materi yang diajarkan.
Sedangkan di kelas VII C kategori yang cenderung muncul adalah kategori
pertanyaan guru (Teacher Questions (TQ) yaitu guru yang lebih dominan
mengajukan pertanyaan kepada siswa, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua
arah, karena ketika guru mengajukan pertanyaan beberapa siswa menjawab
pertanyaan guru tersebut namun hanya sebatas antara guru dengan siswa atau
siswa dengan guru, interaksi yang terjadi berkaitan dengan karakteristik materi
yang diajarkan dan keterampilan yang harus dicapai oleh siswa setelah
pembelajaran selesai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah karakteristik materi
yang diajarkan di kelas VII B dan VII C berbeda, begitu juga dengan keterampilan
yang harus dicapai namun kedua kelas tersebut di dalam proses pembelajaran
interaksi yang mendominasi terjadi sama-sama bersifat dua arah
Kata Kunci : Interaksi, Guru dan siswa, Respon Murid (Pupil Respons (PR),
Pertanyaan Guru (Teacher Questions (TQ), Dua Arah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:35
Last Modified: 17 Mar 2023 09:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200