Erlan, Zauti and Connie, Connie and Zakaria, Zakaria (2020) INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL QALAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SDIT Al Qalam Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
ZAUTI ERLAN -TESIS Final ok.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan Sekolah Dasar
Islam Terpadu Al qalam. Tujuan khususnya untuk mendeskripsikan : 1) inovasi
perencanaan , 2) inovasi pelaksanaan, 3) Inovasi evaluasi, 4) kendala inovasi, di
Sekolah Dasar Islam Terpadu Al qalam. Metode penelitiannya studi deskriptif
kualitatif yang mendeskripsikan inovasi pengelolaan sekolah untuk meningkatkan
mutu Pendidikan. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data dengan deskriptif, induktif dan deduktif. Hasil penelitian; 1) inovasi
perencanaan telah dilakukan dengan baik untuk meningkatkan mutu Pendidikan. 2)
pelaksananaan inovasi melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan
pengurus yayasan. Bentuk inovasinya : (a) menerapkan kurikulum terpadu, (b)
menyelenggarakan full days school, (c) menjalin hubungan harmonis dan terprogram
dengan orang tua murid. 3) evaluasi inovasi pengelolaan telah dilakukan dengan
baik, waktu yang teratur dan melibatkan semua pihak di lembaga tesebut, 4) kendala
pelaksanaan Inovasi diantaranya belum samanya pemahaman para guru dan
perbedaan pemahaman beberapa orang tua siswa tentang Inovasi sekolah telah
diatasi dengan baik. Kata kunci : Inovasi pengelolaan, mutu sekol
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 May 2023 03:05 |
Last Modified: | 03 May 2023 03:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11917 |