ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SDN KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yusnia, Yusnia and Badeni, Badeni and Puspa, Djuwita (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SDN KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS YUSNIA (A2G018033).pdf] Text
TESIS YUSNIA (A2G018033).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi jenjang kognitif, jenjang
afektif, kualitas butir soal secara logis dan empiris soal Ujian Sekolah mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun pelajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VI SDN 53, SDN 18, dan SDN 29 Kota Bengkulu. Obyek
dalam penelitian ini adalah kesesuaian kompetensi dasar kelas IV, V, dan VI, soal dan
kunci jawaban, respon jawaban Ujian Sekolah siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial kelas VI SDN Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020.
Instrumen penelitian digunakan dalam bentuk dokumen berupa kesesuaian
kompetensi dasar kelas IV, V, dan VI, lembar analisis proporsi jenjang kognitif, dan
lembar analisis proporsi jenjang afektif, soal dan kunci jawaban, respon jawaban
Ujian Sekolah. Data penelitian dianalisis menggunakan proporsi jenjang kognitif
jenjang afektif pada butir soal dianalisis kemudian dihitung persentasenya, serta
analisis deskriptif aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan meminta validasi
kepada ahli/pakar dianalisis menggunakan rumus Aiken. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Proporsi jenjang kognitif, meliputi jenjang memahami (C2)
sebanyak 14 butir (35%), jenjang menerapkan (C3) sebanyak 9 butir soal (22,50%),
jenjang menganalisis (C4) sebanyak 15 butir soal (37,50%), dan jenjang
mengevaluasi (C5) sebanyak 2 butir soal (5%); 2) Proporsi jenjang afektif, meliputi
jenjang merespon (A2) sebanyak 1 butir soal (2,5%), jenjang menghargai (A3)
sebanyak 3 butir soal (7,5%) dan jenjang mengorganisasikan (A4) sebanyak 3 butir
soal (7,5%); 3) kualitas butir soal secara logis berdasarkan hasil validasi aspek materi,
konstruksi, dan bahasa 40 butir soal ujian berbentuk pilihan ganda menunjukkan
koefisien korelasi Aiken berada pada rentang > 0,8 dengan kategori “sangat valid”
sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu adil, terbuka, menyeluruh dan
berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel; dan 4) Kualitas butir
soal secara empiris, hasil validitas menunjukkan bahwa 39 butir soal valid dan 1
butir soal yang tidak valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,735 sehingga dapat diartikan
bahwa soal tersebut memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, hasil uji taraf kesukaran
menunjukkan bahwa 15 butir soal kategori sedang sebesar 37,5% dan 24 butis soal
kategori mudah sebesar 60%, hasil uji daya pembeda menunjukkan bahwa 5 butir
soal kategori baik sebesar 12,5%, 34 butir soal kategori cukup sebesar 85,00% sesuai
dengan prinsip penilaian, yaitu sahih, obyektif, terbuka, sistematis, dan beracuan
kriteria. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal Ujian Sekolah
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun
ajaran 2019/2020 baik ditinjau dari kesesuaian dengan kompetensi dasar, proporsi
jenjang kognitif, jenjang afektif, kualitas berdasarkan uji secara logis dan empiris.
Kata kunci: analisis butir soal, jenjang kognitif, jenjang afektif, validitas logis, dan
validitas empiris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:23
Last Modified: 03 May 2023 03:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200