Apriani, Yunita and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2020) ANALISIS LITERASI SAINS BUKU TEKS TEMATIK KURIKULUM 2013 KEMENDIKBUD TAHUN 2018 MUATAN PELAJARAN IPA SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS YUNITA APRIANI (A2G018032).pdf [thumbnail of TESIS YUNITA APRIANI (A2G018032).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS YUNITA APRIANI (A2G018032).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains aspek; 1) Sains
sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 2)
Sains sebagai jalan penyelidikan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 3) Sains
sebagai cara berpikir pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 4) Interaksi sains,
teknologi, masyarakat, dan lingkungan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas tinggi. Obyek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa kelas IV, V, dan VI
Sekolah Dasar (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013) kelas IV tema 8 “Daerah
Tempat Tinggalku”, kelas V tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita”, dan kelas VI tema 1
“Selamatkan Makhluk Hidup. Instrumen penelitian digunakan dalam bentuk lembar
pedoman analisis aspek literasi sains. Data penelitian dihitung rata-rata nilai dari
masing-masing ahli kemudian dihitung persentasenya kesesuaiannya pada setiap
aspek literasi sains yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan Aspek sains
sebagai batang tubuh menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan
dengan buku kelas IV dan V. Indikator menyajikan konsep-konsep jumlah
kemunculan 6 dengan persentase sebesar 100% dan indikator terkecil yaitu
menyajikan teori-teori tidak ada kemunculan. Aspek sains sebagai jalan
penyelidikan menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan
buku kelas IV dan VI. Indikator Membelajarkan siswa melalui penggunaan bahan
materi sebanyak 6 kemunculan indikator dengan persentase sebesar 100%.Aspek
sains sebagai cara berpikir menunjukkan jumlah kemunculan terbesar
dibandingkan dengan buku kelas V dan VI. Indikator Menunjukkan secara historis
bagaimana membangun ide, ilmu sains mengikuti pertimbangan deduktif dan
induktif, sikap skeptik dan kritis, dan berbagai jalan memahami dunia alam.
Aspek interaksi sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan menunjukkan
jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan buku kelas IV dan V. Indikator
Menggambarkan kegunaan ilmu sains dan teknologi bagi masyarakat.
Kata kunci: buku teks, literasi sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 May 2023 03:41 |
Last Modified: | 03 May 2023 03:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11926 |