PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Ningrum, Yunia Jumita and Rusdi, Rusdi and Ringki, Agustinsa (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C016067_YUNIA JUMITA NINGRUM_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
A1C016067_YUNIA JUMITA NINGRUM_SKRIPSI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan
saintifik agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta
didik kelas VIIIA di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas
belajar dapat dilakukan dengan cara : membentuk kelompok peserta didik secara
heterogen, mengatur tempat duduk peserta didik, pada proses kegiatan menalar
peserta didik dituntun untuk menemukan konsep di kegiatan yang disajikan di
LKPD yang nantinya mengarah pada proses kesimpulan dalam pembelajaran, pada
tahap mengomunikasikan pendidik memberi kesempatan secara luas kepada peserta
didik untuk mengungkapkan ide atau gagasannya, dan peserta didik dilibatkan
secara aktif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dari
awal hingga akhir pembelajaran. Rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas
peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 siklus 1 secara berturut-turut:
29.0 (cukup aktif), 26.5 ( kurang aktif), 27.5 (kurang aktif), 29.5 (cukup aktif). Nilai
rata-rata aktivitas belajar siklus 1 yaitu 28.13, nilai tersebut dikategorikan kurang
aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria penilaian pada siklus 1 belum tercapai.
Akan tetapi, setiap pertemuan pada siklus 1 ini sudah terdapat peningkatan.
Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis saintifik kepada peserta didik
sehingga peserta didik terbimbing dalam menemukan konsep materi pelajaran yang
akan dicapai, memberikan latihan soal untuk melatih dan memperkuat pengetahuan
peserta didik, dan pendidik memotivasi peserta didik agar lebih mempersiapkan diri
ketika ujian akan berlangsung. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata
perbandingan antara nilai ulangan harian dan tes hasil belajar peserta didik siklus 1
yaitu 35.79 dan 43.67. Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7.88. Persentase
ketuntasan belajar klasikal dari ulangan harian dan tes hasil belajar peserta didik
siklus 1 yaitu 16.67% dan 16.67%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:46
Last Modified: 03 May 2023 03:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200