Febyani, Yezza and Dewi, Handayani and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KONSEP MOL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf [thumbnail of Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan 
tingkat keefektifan media pembelajaran yang dilihat dari hasil belajar 
siswa pada materi konsep mol. Metode pengembangan ini diadaptasi dari 
model pengembangan menurut Sugiyono yang dibatasi sampai tahap 
kesembilan. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kaur pada bulan April�September 2020. Uji coba skala kecil pada kelas X IPA 1 dan uji coba 
skala besar pada kelas X IPA 4. Data penelitian ini diperoleh dari hasil 
wawancara, angket validasi, angket respon siswa serta tes uji 
pemahaman siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media 
pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak 
dengan skor penilaian rata-rata oleh ahli materi 4,3, ahli media 4,5 dan 
ahli soal 4,25. Hasil respon siswa pada uji coba produk memperoleh skor 
rata-rata 4,21 dengan kriteria sangat menarik sedangkan untuk tingkat 
keefektifan media dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa termasuk 
dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score sebesar 0,51. Hasil 
penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan dengan 
aplikasi Articulate Storyline layak untuk digunakan sebagai media belajar 
pada materi konsep mol.
Kata Kunci : Pengembangan Media, Articulate Storyline, Konsep Mol
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 05 May 2023 03:01 | 
| Last Modified: | 05 May 2023 03:01 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11942 | 

