Febyani, Yezza and Dewi, Handayani and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KONSEP MOL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf [thumbnail of Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan
tingkat keefektifan media pembelajaran yang dilihat dari hasil belajar
siswa pada materi konsep mol. Metode pengembangan ini diadaptasi dari
model pengembangan menurut Sugiyono yang dibatasi sampai tahap
kesembilan. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kaur pada bulan April�September 2020. Uji coba skala kecil pada kelas X IPA 1 dan uji coba
skala besar pada kelas X IPA 4. Data penelitian ini diperoleh dari hasil
wawancara, angket validasi, angket respon siswa serta tes uji
pemahaman siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak
dengan skor penilaian rata-rata oleh ahli materi 4,3, ahli media 4,5 dan
ahli soal 4,25. Hasil respon siswa pada uji coba produk memperoleh skor
rata-rata 4,21 dengan kriteria sangat menarik sedangkan untuk tingkat
keefektifan media dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa termasuk
dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score sebesar 0,51. Hasil
penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan dengan
aplikasi Articulate Storyline layak untuk digunakan sebagai media belajar
pada materi konsep mol.
Kata Kunci : Pengembangan Media, Articulate Storyline, Konsep Mol
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:01 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11942 |