Amran, Adelya Ayu Listiani and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Dadi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran 
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flipchart 
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 24 
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen 
jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Subyek 
penelitian adalah kelas IVB (kelas eksperimen) dan IVA (kelas kontrol). 
Instrumen penelitian hasil belajar pengetahuan yaitu lembar tes tertulis serta 
perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan yaitu lembar observasi. Hasil 
penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar pengetahuan yaitu uji-t di dapatkan 
thitung mata pelajaran IPA sebesar 2,22 dan mata pelajaran Bahasa Indonesia 
sebesar 2,44 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana thitung lebih 
besar dari ttabel, 2) perbedaan hasil belajar sikap dengan kategori baik dan sangat 
baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 77,75%, sedangkan kelas 
kontrol sebesar 47,25% dan 3) perbedaan hasil belajar keterampilan dengan 
kategori baik dan sangat baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar
82,50%, sedangkan kelas kontrol sebesar 52,25%, artinya terdapat pengaruh 
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan 
media flipchart. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model 
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media 
flipchart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD 
Negeri 24 Kota Bengkulu. 
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together 
(NHT), Tematik, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 17 May 2023 04:45 | 
| Last Modified: | 17 May 2023 04:45 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11970 | 

