PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Oktara, Bena and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BENA OKTARA.pdf] Text
SKRIPSI BENA OKTARA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided
inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V Sekolah
Dasar Negeri gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan jenis
desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas V gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Kelas VA SDN 71 Kota Bengkulu sebagai
kelas eksperimen dan kelas V SDN 103 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol.
Instrument penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda (multiple
choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Hasil belajar aspek sikap dan keterampilan, instrument yang digunakan
adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar
4,43 dan mata pelajaran IPA sebesar 3,14 dengan ttabel pada taraf signifikan 5%
sebesar 1,66. Dari data tersebut, tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih
siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry.
Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Inquiry, Pembelajaran Tematik, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 May 2023 02:48
Last Modified: 25 May 2023 02:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200