STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN

Waroka, Cindy and Sri, Ken Kustianti and Herman, Lusa (2020) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI CINDY WAROKA.pdf] Text
SKRIPSI CINDY WAROKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap perencanaan, pelaksanaan
dan penilaian pelaksanaan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAKEM) dalam pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah
Al-Quraniyah Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV/A Madrasah Ibtidaiyah Al�Quraniyah Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah�langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian yang digunkan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakkan
triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan diantaranya: (a)
mentapkan tema, (b) identitas RPP, (c) menetapkan kompetensi inti/ KI,
kompetensi dasar/ KD, (d) merumuskan indikator, (e) tujuan pembelajaran, (f)
materi pembelajaran, (g) pendekatan/ metode, (h) alat/ media, (i) sumber
pembelajaran, (j) penilaian; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru telah
melaksanakan pembelajaran Tematik dengan pendekatan PAKEM secara baik, 3)
guru telah melaksanakan penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek
keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa dalam pproses pembelajaran guru telah melaksanakan tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran tematik dengan
menerapkan pendekatan PAKEM secara optimal dan efektif.
Kata Kunci: pendekatan PAKEM, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 08:35
Last Modified: 26 May 2023 08:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200